STANDAR ISI MULOK PENDIDIKAN BUDAYA LINGKUNGAN DAN TEKNOLOGI JAKARTA

Pada awal tahun pelajaran baru 2016-2017 di SMAN 64 diadakan rapat tentang persiapan akreditasi diantaranya visi misi, tata tertib dan muatan lokal. Di SMAN 64 sudah dimulai pelaksanaan muatan lokal budaya Betawi untuk kelas X.

Pada saat itu persiapan pelaksanaan muatan lokal sudah pada taraf mengundang budayawan Betawi dan pihak dinas pariwisata. Saya menyampaikan beberapa masukan terkait persiapan pelaksanaan muatan lokal mengacu pada permendikbud no 79 tahun 2014. Diantara masukan saya adalah

  • Pelaksanaan muatan lokal harus sesuai dengan kewenangan masing-masing seperti diatur dalam permendikbud, yaitu pihak sekolah sebagai pengusul, sudin dan  dinas menindaklanjuti usulan dan pemprov menetapkan pelaksanaan muatan lokal.
  • Persyaratan pelaksanaan muatan lokal disiapkan dalam bentuk usulan kepada dinas pendidikan yaitu analisis konteks, identifikasi muatan lokal, perumusan KD, silabus dan buku teks pelajaran.
  • Pelaksanaan muatan lokal harusnya diawali dengan upaya pengintegrasian terhadap mata pelajaran yang ada lebih dahulu, barulah setelah tidak dapat dilakukan integrasi , muatan lokal dapat dibuatkan mata pelajaran sendiri.

Setelah itu saya mendapat tugas untuk memperbaiki silabus yang sudah disiapkan. Setelah saya telaah dokumen-dokumen yang ada maka saya membuat silabus muatan lokal tidak hanya untuk seni budaya Betawi saja, tetapi muatan lokal budaya, lingkungan dan Teknologi Jakarta sesuai dengan permendikbud No 79.

Berikut adalah usulan standar isi muatan lokal tersebut.

standar isi mulok dki

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s