PENGUKURAN BESARAN LISTRIK

BAB III

PENGUKURAN BESARAN LISTRIK

 

 

Kegiatan pengukuran adalah kegiatan membandingkan suatu besaran yang tidak diketahui nilainya dengan besaran lain yang telah diketahui nilainya. Besaran-besaran listrik yang sering diukur dalam praktik elektronika adalah kuat arus (I), beda potensial atau tegangan (V), dan hambatan ( R).

Sumber arus listrik dapat berupa sumber arus searah (Direct Current/DC) seperti baterai dan aki atau sumber arus bolak-balik (Alternating current/AC) seperti sumber listrik dari PLN. Pada prinsipnya pengukuran besaran listrik antara sumber DC dan AC adalah sama, namun ada perbedaan-perbedaan yang perlu diperhatikan terkait alat yang digunakan untuk mengukur.

 

Kuat arus (I) adalah banyaknya muatan listrik (Q) yang melewati suatu penghantar dalam selang waktu (t). Satuan untuk kuat arus listrik adalah Amper atau disingkat A. Kuat arus dapat diukur dengan menggunakan ampere meter yang dipasang secara seri terhadap rangkaian yang hendak diukur kuat arusnya. Berikut adalah gambar pengukuran kuat arus listrik dengan menggunakan ampere-meter.

 

22

Gambar 22 : Mengukur kuat arus

 

Beda potensial atau tegangan listrik diukur dengan menggunakan voltemeter yang dipasang secara parallel dengan rangkaian yang hendak diukur. Satuan beda potensial adalah volt. Beda potensial antara dua titik dalam rangkaian adalah hasil kali antara kuat arus dengan hambatan.

 

23.png

Gambar 23 : Mengukur beda potensial

 

Hambatan suatu rangkaian atau komponen dapat diukur dengan menggunakan ohm-meter yang dipasang secara parallel terhadap rangkaian/komponen yang hendak diukur. Pengukuran nilai hambatan juga dapat menentukan apakah suatu komponen masih berfungsi atau sudah rusak. Misalnya apabila sebuah kabel memiliki hambatan yang sangat besar sekali menunjukkan bahwa kabel tersebut sudah rusak.

Untuk mengukur kuat arus dan tegangan AC digunakan ampere-meter AC dan Voltmeter AC.

Di pasaran tersedia alat yang merangkum ampere-meter, voltmeter dan ohmmeter kedalam satu alat, alat tersebut disebut multimeter atau multi tester.

 

24

Gambar 24 : multimeter analog dan multimeter digital

 

Untuk memahami bagaimana menggunakan multimeter analog berikut adalah diagram bagian-bagiannya

 

 

25

Gambar 25: skematik multimeter analog

  • Indicator Zero Connector

2.) Indicatot Pointer
3.) Indicator Scale
4.) Continuity Indicating
5.) Range Selector Switch knob
6.) 0-ohms adjusting knob/0- centering meter
(NULL meter) adjusting knob

7.) Measuring Terminal +

8.) Measurin Terminal – COM

9.) Series Terminal Capacitor OUTPUT

10.) Panel LED ( CONTINUITY )

11.) Rear Case

 

Untuk mengubah-ubah fungsi multimeter dapat dilakukan dengan memutar selector (no 6) seperti ditunjukkan gambar di atas. Multimeter dapat dioperasikan sebagai voltmeter apabila selector diarahkan ke jangkauan pengukuran tegangan (volt). Untuk mengukur kuat arus selector diarahkan ke jangkauan pengukuran kuat arus (ampere) dan untuk mengukur hambatan selector diarahkan ke jangkauan pengukuran hambatan (ohm). Nilai yang diukur ditunjukkan oleh penyimpangan jarum (No 2). Pembacaannya menyesuaikan dengan jangkah pengukuran yang dipilih.

 

Sebelum menggunakan multimeter harus diperhatikan beberapa hal yaitu :

  • Rangkaian tidak tersambung dengan sumber arus sebelum memasang multimeter.
  • Ketika menggunakan ohmmeter rangkaian tidak boleh tersambung dengan sumber arus
  • Pastikan tombol switch beralih ke AC ketika mengukur rangkaian dengan sumber AC atau tombol switch beralih ke DC ketika mengukur rangkaian dengan sumber DC.
  • Jika sudah selesai menggunakan multimeter pastikan mengalihkan tombol switch ke off atau jika tidak ada tombol off maka alihkan tombol switch ke batas ukur tegangan AC maksimal.
  • Selalu mulai dengan batas ukur tertinggi ketika mengukur tegangan atau kuat arus.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s