RINGKASAN KOMPETENSI PEDAGOGIS

Berikut adalah ringkasan bahan belajar untuk UKG kompetensi pedagogis yang saya ringkas dari buku..

pedagogis

Bpk /ibu ijin share ya sambil buat b3ljar : kompetensi pedagogis menrt permendiknas no16/2007 :


1.bmenguasai krkteristik perkembangan dan kamampuan fisik san nonfisik siswa
2 menguasai teori dan prinsp pmbljran
3. Mengmbngkan kur dan rncngan pmbljran
4. Menyelnggarakannpmbljaran yg berlualitas
5. Mfsilitasi png3mbamgan ptnsi siswa
6.vberkomunikasi scra efektif, empatik dan santun
7. Pmnfataan tknologi pmbljran
8.mnyelnggaran dan memnfaatkan hsl bljr
9. Melkukan tndlan reflektif u mengktkan kualitas pmbljaran.
Krkter siswa.
Bisa dinjau dr pekembangan fisik, kgnitif , &psilologi.
Fisik : bayi dan prasekolah, sklh, remja , dwsa awal, dwaa pertngahan dan dwsa akhir.
Kognitif : piaget mbgi 4 yaitu
Sensorimotor(0-2); praoprasional (2-7); oprasional konkret (7-11); formal(11-15)
Psikologis :yg ini gak dijlskan dibkunya
Kesulitan bljr ada 5 : 1.learning disorder (kkcauan dlm bljr,:respon brtntngan dg respon yg biasanya cnth biasa nulis ilmiah disuruh nulis puisi).
2. Learning disfunction (slt bljr pdhl punya potensi misal pnya bakat nyanyi tp ga pernah dilatih)
3. Under achiever : punyi potnsi tp hsl dibwah stndr potensinya
4. Slow learner ( alon2 asal klakon)
5. Learning disabilities ( tdk mampu bljar or mnghondari bljar)
Solusi : identifikasi siapa yg brmsalah ; diagnonis mslhnya; prognosis ( akbtnya gmna); pemberian bntuan dan follow up
II. Teori bljr :
Arti : tngkh lku dibuat or diubah via latihan dan pengalaman.
UNESCO 4 PILAR BLJAR
learning  ~》to know, to do; to live tgher; to be.
Teori bljr behavioristik (Watson, pavlov, Thorndike, Skinner) : ubah perilaku via pengalaman.insvidu mhluk reaktif (watson), asosiasi thd stimulus mghasilkan respon tertentu stmulus ~》respon(thorndike); classical conditioning (pavlov); rwrd punishman (skinner). Klmahan menganggap siswa sbg indvidu yg pasif.
Teori kognitifisme
Lbh mmentingkan proses drpd hsl
Gestalt : bljr adlh mnghbgkan pel yg stu dg yg lainnya, mteri dpt diterima jk indvidu sdh mtang, bljr tdk hnya intelktual jg emosional, bljr is reorgnisasi pngalaman, bljr lbhnbrhasil jika sesuai mnt, bljr berlngsg terus menurus
Teori mdn magnet (kurt lewin)
Grkan indvidu mencapai tjuan digerakkan o daya, jika tdk seimbamg maka trjadi tension or knflik.
Daya ada lbh dr satu berbda2 arahnya.
Teori perlembamgan kognitif piaget
Sensori motor (0~2) perhatian pd objk
Praopersional (2-7) membdakan objk
Operasional kongkret(7-11) brfkir logis
Operasional formal (7-15) berfkir abstrak, cari solusi
Teori discovery learning ( jerome bruner) tiga thp bljr yaitu
Enaktif : memahami yg dipljari via motorik indranya spt meraba, memegang, mencengkram, melihat, mendengar
Ikonik : bljr dg pake model atw gambr or visualisasi
Simbolik : bljar dg istllh abstrk, logika matematika dll
bljr melalui tga thp tsb.
Twori pemrosesan info (gagne)
Gabungan behavior dan kognitif
Tiga thp pemrosesan info
Sensory or intake register – diindra
Working memory – berfikir scra sdr dismpan dlm waktu pndek , retrieve gmpang
Long term memory  – diaimpan lama tp sulit retrieve nya
5 hsl.bljr kata gagne yaitu ketrampilan intelektual, kemmuan mecahlan maslah, kemmapuan verbal, ketrampilan motorik.
Teori bljr bermakna ausabel
Bljar akan berhasil bila dihubingkan dg konsep yg relevan yg ada dlmnstruktur kognisi siswa. Kunci teori ini adlah adanya advance organizer (penghubung antar konsep, spt apersepsi gitulah); integrative reconciliation ( penjlasan ttg  knsp2 yg sdh ada  dikaitkan dg konsep yg dipeljari); consolidation ( pemantapan dlm bntuk contoh2)
Teori bljr konstruktivisme
Tokoh vigotsky
Struktur kognitif meningkat seiring usia
Siswa itu unik
Siswa bljar  sesuai dg gaya beljarnya
Tgg jwb bljar ada pada siawa
Siswa ditntang u menguasai mslh baru yg sdkit diatas kemampuannya agar siswa pd
Siswa mbangun ilmu dibenaknya sndiri. Konsep pengethuan brsifat viabilitas artinya dpt digeser bila ada konsepnyg lbh dpt diterima.
Twori bljr humanistik
Tkh kolb, honey, mumford, bloom
Bljr hrs membntuk prbadi yg.manusiawi
Bljr hrs mampumebntuk pribadi unggul
bljr u memanusiakan manusia

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s