Rumus komentar untuk rapot kurikulum 2013

Assalamualaikum, Selamat pagi semua.

Hari ini Rabu, 18 Desember 2013, 2 hari menjelang pembagian rapor tahun pelajaran 2013/2014 semester ganjil. Untuk kali ini, format rapor dibedakan antara kelas X dan kelas XI/XII. Kelas X menggunakan format rapor kurikulum 2013. Sesuai format rapor kurikulum 2013 guru mata pelajaran diharuskan mengisi komentar mengenai aspek pengetahuan, ketrampilan dan sikap.

Komentar seperti dicontohkan oleh departemen memuat ketercapaian secara umum, lalu bagian mana yang sudah tuntas dan bagian mana yang masih memerlukan perbaikan.  Kalau kita ingin memberikan komentar satu persatu, maka kita harus meninjau nilai akhir siswa terlebih dahulu untuk memberikan komentar ketercapaian kompetensi secara umum, lalu dilanjutkan dengan melihat nilai tes formatif/ulangan harian, mid tes atau final tes yang mengujikan kompetensi dasar yang dimaksud. Berdasarkan data itu barulah dapat dibuat komentar mengenai kompetensi mana saja yang sudah tuntas dan mana yang belum. Pekerjaan ini membutuhkan ketelitian, waktu  dan ketekunan dan juga membosankan apabila kita harus melakukkannya untuk banyak siswa.

Nah, tertantang dari masalah tersebut, saya mencoba membuat rumus di dalam MS excel untuk memudahkan tugas guru, agar komentar yang diberikan dapat sesuai dengan keadaan siswa.  Berikut adalah langkah membuat rumus tersebut :

  1. Menyisipkan satu kolom di sebelah kolom yang memuat nilai akhir, kolom ini dipergunakan untuk memuat tingkat pemahaman siswa. Saya membagi kedalam 4 kategori yaitu sangat baik (di atas 85), baik (75-85), cukup (65-75), kurang (55-65) dan sangat kurang (kurang dari 55). Rumus yang saya tulis di kolom tersebut sebagai berikut :

=IF(U19<55;”sangat kurang”;IF(U19<65;”kurang”;IF(U19<75;”cukup”;IF(U19<-85;”baik”;”sangat baik”)))

2.   Di sebelah kolom tingkat pemahaman siswa kita buat kolom komentar, rumus yang tulis di kolom tersebut adalah speerti ini

=”Memiliki Penguasaan kompetensi “&V19&” . Sudah memahami  :”&E237&F237&G237&H237&I237&J237&K237&L237&”Namun masih harus memperbaiki pemahaman tentang : “&Q237&R237&S237&T237&U237&V237&W237&X237&”.”

3.  Adapun cara kerja rumus tersebut adalah sebagai berikut :

Diawali dengan menyebutkan tingkat penguasaan kompetensi siswa seperti telah diperoleh pada kolom sebelah kiri (“&V19&”). Bagian kedua menyebutkan kompetensi yang telah dituntaskan oleh siswa dengan mengacu tabel yang kita buat pada bagian bawah, terpisah dari tabel utama. Tabel ini terdiri dari kolom nama, kolom kompetensi (materi). Lalu tabel itu berisi nama siswa dan di sebelahnya adalah rumus, yang akan menuliskan kompetensi seperti pada baris pertama apabila nilai siswa yang ada di tabel utama sudah mencapai ketuntasan. Rumusnya adalah seperti ini.

=IF(D19<75;””;E$236&”, “)

Setelah itu disebutkan pula pada kompetensi yang belum dituntaskan oleh siswa. Dasar pembuatan komentar ini adalah tabel di sebelah kanan, baris pertama tabel memuat nama kompetensi yang diujikan, sedang baris kedua berisi rumus yang akan menyebutkan kompetensi apabila nilai siswa di bawah KKM. Rumusnya seperti ini.

=IF(D19<75;Q$236&”,  “;””)

Tabel bantuan untuk membuat komentar dapat dilihat seperti pada gambar berikut :

4.  Kelemahan dari rumus ini adalah tidak dapat membedakan antara siswa yang telah tuntas semuanya dan siswa, siswa yang sudah tuntas sebagian kompetensi dan siswa yang belum tuntas semuanya. Rumus akan menyebutkan tiga bagian yaitu tingkat pemahaman, bagian yang sudah tuntas dan bagian yang belum tuntas untuk semua siswa. Apabila ada siswa yang sudah tuntas semuanya, masih muncul komentar : “ namun masih harus memperbaiki pemahaman tentang :” . Untuk mengatasi kelemahan ini setelah selesai rumus diterapkan, maka kita harus mengkopy nilai saja dari kolom komentar, lalu menyunting komentar yang tercetak. Dan tanda baca di akhir kalimat masih muncul “, .”

5.Demikian rumus excel untuk membuat komentar pengetahuan siswa pada kurikulum 2013 ini saya paparkan disini, semoga bermanfaat.

Ini adalah link contoh rumus komen exel yang dapat didwonload.

rumus komen

2 thoughts on “Rumus komentar untuk rapot kurikulum 2013

  1. Mohon penjelasnnya untuk komentar rapor kurikulum 2013 sd.. misal mata pelajaran pkn ada 5 kd, kan aturannya yang dimunculkan dikomentar itu kd yg menonjol dan yang perlu bimbingan..itu bagaimana membuat linknya..terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s