Evaluasi Tahun pelajaran 2012-2013

Sejak hari selasa, 28 Mei 2013 lalu siswa kelas X dan XI SMAN 8 Jakarta mengikuti kegiatan ujian akhir (UAS) semester. Menurut rencana UAS akan berlangsung sampai dengan hari jumat, 7 Juni 2013. Setelah itu dilanjutkan dengan remedial UAS pada tanggal 10-20 Juni 2013. Dan akhir dari kegiatan di tahun pelajaran 2012/2013 adalah pembagian rapor yang akan menentukan kenaikan kelas dan penjurusan. Sementara bagi siswa kelas XII akan mendapatkan rapor dan SKHUN sementara pada hari ini, kamis, 30 Mei 2013.

 

Secara umum, semua kegiatan yang telah direncanakan di awal tahun pelajaran telah terlaksana, hanya ada beberapa kegiatan yang belum terlaksana tapi sudah diagendakan yaitu Latihan Kepemimpan Siswa (LKS) dan rapat kerja guru dan karyawan. Hal tersebut dipaparkan Kepala SMAN 8 Jakarta, Hj. Nahdiana, M.Pd ketika mengawali evaluasi tahun pelajaran 2012/2013 di hadapan manajemen sekolah.

Lebih lanjut bu Nahdiana menyatakan bahwa kegiatan kurikulum yang sudah terlaksana adalah pembuatan KTSP, perangkat pembelajaran seperti silabus, program tahunan, program semester, Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan tes formatif, mid semester, sumatif dan remedial, klinik mata pelajaran. Sedang khusus bagi kelas XII telah dilaksanakan kegiatan tes diagnostic, try out, pendamalan materi dan terapi mata pelajaran Adapun pengembangan di bidang kurikulum meliputi pembinaan siswa untuk mengikuti OSN dalam bentuk study club, intensif OSN bekerjasama dengan alumni dan lembaga lain serta  pengiriman siswa untuk mengikuti lomba-lomba di bidang akademis.

Ketika mengomentari kegiatan kesiswaan, beliau menjelaskan bahwa kegiatan kesiswaan yang sudah terlaksana adalah penerimaan peserta didik baru, masa orientasi peserta didik baru, latihan dasar kepemimpinan awal di dodik belanegara, Lembang, kegiatan ramadhan, bazaar for charity, ekspo kegiatan eks-kur, kaderisasi OSIS/PK/Subsie, penjaringan dan pemilihan ketua OSIS/PK, diklat pengurus OSIS/PK, de last week (class meeting), donor darah, lomba baris berbaris (akoforsi), teksound on Action, Temu Sosial Ilmiah Siswa (TeSIS), doa bersama jelang UN, ESQ bagi sebagian kelas XII jelang UN, (TOA), pembuatan majalah takitri, festival budaya-8, Art school cinic, turfolap, latihan rutin kesenian dan olahraga. Kegiatan yang sudah dipersiapkan adalah Latihan kepemimpian Siswa (LKS) dan 8Schoolastic, serta collaboeight. Kegiatan rutin lainnya adalah pengiriman siswa untuk mengikuti lomba-lomba seni dan olahraga seperti Olimpiade Olaharaga Nasional (OON) dan FLS2N. Untuk OON dan FLS2N siswa SMAN 8 Jakarta yang dikenal ‘jago’ di bidang akademik, juga mampu mempersempahkan trofi juara.

Pembenahan di bidang sarana tidak luput dari perhatian bu Nahdiana, diantaranya dengan menata taman dan tanaman di halaman sekolah, pengecatan lis plang,perbaikan plafon lab biologi yang hampir ambruk, perbaikan genteng kelas X-H, X-I dan perpustakaan, pengamanan genteng gedung lama dengan membuat jarring sementara menunggu realisasi rehab gedung (genteng) atas usulan yang telah diajukan ke sudin dikmen Jaksel, pembuatan jalan penghubung antara lobby dan kelas X,pembuatan tribun di seputar lapangan olaharaga, pembuatan beranda bernuansa betawi, ruang tunggu dan ruang piket, penanggulangan dan pasca banjir, pemasangan jaringan wifi bekerjasama dengan Telkom. Kegiatan rutin yang dilaksanakan adalah perawatan gedung, AC, saluran air bersih, sanitasi, kegiatan jumat bersih, perbaikan kamar mandi.

Di bidang kehumasan, beberapa program yang sudah terlaksana adalah halal bihalal keluarga besar SMAN 8 Jakarta, pameran dan seminar pendidikan, paparan informasi Perguruan tinggi luar negeri dari Jepang, Korea Selatan, Singapura, USA dan eropa, paparan pengalaman belajar di PTN oleh alumni dari UI, ITB, Unpad, fasilitasi informasi penerimaan taruna Akademi Militer, pelayanan SMS center, penerimaan tamu studi banding baik dari dalam maupun luar negeri, pelayanan kegiatan penelitian dari perguruan tinggi, audit internal dan ekstrenal ISO 9001:2008 serta kegiatan pra raker. Sementara kegiatan raker sendiri akan diadakan pada tanggal 21-22 Juni 2012. Kegiatan senam sore yang telah direncanakan dua minggu sekali, baru dapat dilaksanakan setelah diganti menjadi senam pagi di hari jumat mulai jam 06.00, itupun baru dilaksanakan di bulan Mei ini.

Untuk bidang ketata-usahaan slogan one day service senantiasa dipantau keterlaksanaannya, proses pencatatan surat masuk-keluar sudah melalui Teknologi informatika dan computer, pelaksanaan absensi harian dengan finger print, pembuatan database buku induk, stock-opname barang, perijinan, manajemen petugas layanan khusus, cleaning service, perpustakaan dan penilaian kinerja guru/karyawan.

SMA Negeri 8 Jakarta ditetapkan sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) sejak tahun pelajaran 2006/2007. Sejak itu melakukan berbagai pembenahan untuk memenuhi standar yang diminta sebagai RSBI. Namun pada 8 Januari 2013 lalu, melalui keputusan MK, RSBI dinilai tidak sejalan dengan UUD 1945, sehingga gugur pula predikat SMA RSBI yang disandang oleh SMAN 8 Jakarta. Walaupun tidak lagi menyandang predikat RSBI, namun guru, karyawan, orangtua dan siswa serta alumni bersatupadu untuk terus memajukan SMAN 8 Jakarta. Buah dari kerja keras dan kesungguhan tersebut telah dapat dirasakan menjelang berakhirnya tahun pelajaran 2012/2013 ini, yaitu ketika diumumkan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan bahwa SMAN 8 Jakarta menempati peringkat 1 SMA Negeri DKI Jakarta dan peringkat 10 Nasional dalam perolehan nilai rerata UN, serta dua siswanya dinobatkan sebagai peraih NUN tertinggi no 7 dan 10 secara nasional. Sejak tanggal 28 – 29 Mei lalu dilakukan pengumuman hasil SNMPTN undangan, PPKB dan talent scouting UI. Hingga saat ini telah tercatat sebanyak 97 siswa diterima di SNMPTN undangan, 23 PPKB, 10 talent scouting, 4 NTU. Sebagian besar siswa diterima di UI dan ITB, yaitu 81 diterima di UI dan 45 diterima di ITB.

Mengakhiri evaluasi kegiatan tahun pelajaran 2012/2013, ibu kepala sekolah menekankan bahwa SMA Negeri 8 Jakarta sebagai salah satu sekolah kebanggan pemerintah dan masyarakat DKI Jakarta memikul beban untuk mempertahankan prestasi walaupun terkadang dihadapkan pada situasi yang sulit. Namun berkat kebersamaan dan kerja keras semua pihak terutama dukungan orangtua siswa dan komite, apa yang kita cita-citakan yaitu tidak terjadi penurunan prestasi paska dihapusnya RSBI akan tercapai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s