Profil Peraih Nilai UN terttinggi SMAN 8 Jakarta

Hari-hari belakangan ini  menjadi hari  yang sibuk bagi Gracia dan Sarah, pasalnya kedua remaja putri ini diumumkan oleh Kemdiknas sebagai dua orang dari sepuluh pelajar yang memiliki nilai UN tertinggi tahun pelajaran 2012/2013. Gracia Isaura Laurensia (GIL) siswi kelas XII IPA D menempati peringkat 7 dengan nilai rata-rata 9,75 dan Sarah Alya Firnadya siswi kelas XII IPA C menempati peringkat 10 dengan nilai rata-rata 9,73.

Kepala SMA Negeri 8 Jakarta, Hj. Nahdiana, M.Pd selaku kepala SMAN 8 Jakarta mengungkap bahwa keberhasilan anak didiknya untuk meraih prestasi ini bukanlah lahir dari proses yang instan, tetapi telah direkayasa jauh sebelum ini, yaitu sejak mereka di terima di SMAN 8 Jakarta pada saat kelas X. Ini merupakan hasil kolaborasi dari siswa, guru, orangtua dan alumni, begitu tambahnya. Beliau berharap karena SMAN 8 Jakarta sebagai sekolah negeri yang menjadi ujung tombak pemprov DKI Jakarta akan meraih prestasi yang lebih baik di masa yang akan datang. “Ke depan masih ada target yang harus kami realisasikan, yaitu keterserapan di perguruan tinggi favorit.”, pungkas bu Nahdiana menanggapi target sekolah yang lainnya.

Gracia Isaura Laurensia, atau yang sering disapa teman-temannya dengan panggilan gil, terlahir sebagai sulung dari dua bersaudara pada tanggal 9 Juli 1995 dari seorang ayah yang merupakan pegawai Univelever dan ibu di perbankan. Mengenai prestasinya ini, Gil mengakui bahwa sebelumnya ia sudah optimis meraih nilai bagus, tapi tak membayangkan akan menembus 10 besar nasional. Ia hanya melakukan kegiatan rutin saja, belajar dan belajar. Kegiatannya belajar di kelas, dilanjutkan belajar bersama teman-temannya pada saat istrirahat dan sepulang sekolah dilakukan dengan penuh ketekunan. terkadang jika gil menemukan soal yang sulit, ia segera bertanya kepada temannya melalui BBM.

Gil sangat terinspirasi dari kakek dan neneknya yang merupakan guru, sehingga ayah dan ibunya pun dalam mendidik terpengaruh ‘keguruan’ dari kakek dan neneknya. Ketika ditanya mengenai cita-cita, Gil hanya mengatakan ingin menjadi orang yang sukses dan bermanfaat bagi orang banyak.  Ia belum ingin bersekolah di luar negeri, ia hanya ingin melanjutkan studinya di ITB pada jurusan teknik industri, karena GIl merasa tertarik pada dunia manjemen, ” mungkin ke luar negerinya pada saat mengambil S2″ urai Gil.

Gil terbiasa bangun pagi dan berangkat ke sekolah dari bekasi jam 5.20 agar tidak terlambat masuk sekolah jam 6.30 pagi. Seperti kebanyakan siswa SMAn 8 Jakarta, Gil menyenangi membaca, teutama novel detektif, Sherlock Holmes. Ia juga menyenangi pelajaran-pelajaran yang tidak banyak menghapal seperti matematika dan fisika. terbukti pada Ujian Nasional kali ini, ia memperoleh nilai sempurna, 10.

Sosok lain yang berprestasi di ajang ujian nasional dari SMAN 8 Jakarta adalah Sarah, siswi kelas XII IPA C. Sarah pernah sekelas dengan Gil pada saat kelas X. Sarah aktif di kegiatan perwakilan kelas, OSIS SMAN 8 Jakarta.Gadis yang lahir di Jakarta tanggal 17 April 1996 ini  pernah mengenyam pendidikan kelas akselerasi di SMP. Remaja yang menyenangi komik Naruto ini selalu menyempatkan untuk belajar di rumah maksimal sampai jam 10 malam. Terkadang jika menemui kesulitan mengerjakan soal ia bertanya kepada ayahnya, yang juga profesor di teknik mesin Universitas Indonesia.

Karena mengidolakan ayahnya, Sarah bercita-cita dapat meraih gelar profesor di usia yang lebih muda dari ayahnya. Ayah Sarah meraih gelar profesor pada usia 39 tahun. Setelah melalui diskusi dengan ayah dan ibunya sarah berkeinginan melanjutkan pendidikan di teknik material dan metalurgi UI. Ketika ditanya kenapa tidak di teknik mesin saja, Sarah menjawab ” kata papa kalo di teknik mesin nanti dibanding-bandingkan “.

Sarah adalah anak pertama dari empat bersaudara dari seorang ibu yang berprofesi sebagai dokter di Puskesmas. Keluarga sangat mendukung Sarah dalam menempuh pendidikan selama di SMAN 8 Jakarta. Dia tidak cukup di sekolah saja, pulang sekolah Sarah masih melanjutkan belajar di bimbingan belajar.Setibanya di rumah sekitar jam 8 atau jam 9 bertemu keluarga hanya membicarakan masalah-masalah lain selain belajar. Di waktu luang Sarah sering memanfaatkan untuk jalan-jalan bersama teman dan keluarga, yang paling disenangi Sarah adalah nonton film.

Sarah mengaku ‘surprise’ karena baru di kelas XII ini dapat meraih juara ke-2 di Kelas dan sekarang mendapat prestasi peringkat 10 Nasional perolehan nilai ujian Nasional.  Walaupun pada hari pertama, Sarah merasa sempat ‘deg-degan’ karena LJK yang akan diisi menurutnya cacat dan akhirnya dapat ditukar dengan yang tidak cacat.

Demikian tadi cerita tentang dua siswa SMAN 8 Jakarta yang telah meraih prestasi tinggi dalam ujian nasional, semoga mereka dapat mencapai apa yang telah mereka cita-citakan.

2 thoughts on “Profil Peraih Nilai UN terttinggi SMAN 8 Jakarta

  1. SMAN 8 Jakarta…. WOW WOW WOW.
    Kalo di Jawa tuh ya, Ibarat Orang mau kawin : BIBIT, BEBET, BOBOT… hehehe
    Maju terus SMANDEL…. Bikin Cerita yg Lebih DAHSYAT lagi yaaa
    OSN 2013 di Bandung lalu hebat loh : 4 Emas, 1 Perak, 3 Perunggu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s